15 October 2011

Tanaman Obat dari Pegunungan Arfak Manokwari


         Tak pernah habis misteri yang Tuhan sembunyi di belahan Dunia terutama di Bumi Papua. mulai dari penelitian maupun pengamatan dari berbagai kalangan pun terus dilakukan dan banyak memberikan gelar dari Bumi ini. Namun, itu hanya sebagian kecil dari kekayaan yang baru diungkap lewat berbagai proses. Masih dan masih saja ada sesuatu yang baru dari bumi ini yang membuat saya terkagum-kagum akan potensi dan kekayaannya.
        Setelah search di google, saya menemukan potensi suatu tanaman obat dari pegunungan Arfak Manokwari. Beberapa waktu lalu, saya juga sempat membaca penemuan berbagai spesies binatang baru yang mengejutkan para peneliti. menurut pengamatan saya, beberapa tahun terakhir ini para peneliti berfokus daerah pegunungan Arfak karena daerahnya masih asli seperti amazon sehingga berbagai spesies langkah masih ada disana. hasil yang mereka temukan disana juga sangat memuaskan bahkan para peneliti pun terkagum-kagum melihat spesies langkah ini.
           Salah satu tanaman obat yang juga terdapat dipegunungan Arfak berpotensi dapat menyembuhkan bisul dan dapat pula digunakan sebagai untuk cacingan. Nama tanaman itu dalam bahasa setempat adalah Sesbou. Tumbuhan Sesbou memiliki bermacam-macam khasiat yang baik untuk kesehatan kita. Sesuai dengan penjelasan mereka (masyarakat setempat), Akar atau umbi dari tanaman ini bisa membunuh cacing yang mendiami perut manusia terutama pada anak-anak 
          Cara pengolahannya sangat simpel, terlebih dahulu tanaman sesbou tersebut perlu dibersihkan terlebih dahulu dengan air bersih. Setelah itu umbi atau akarnya diambil lalu ditumbuk atau diparut hingga halus. Jus yang dihasilkan kemudian dicampur dengan air hangat. Tidak semua extrak Sesbou diminum. Untuk anak-anak, jumlah yang direkomendasikan hanyalah satu sendok teh. Jumlah itu sudah cukup untuk membunuh cacing yang mendiami perut mereka.
            Disamping bermanfaat untuk membersihkan tubuh kita dari cacing, daun tanaman Sesbou tersebut digunakan pula oleh masyarakat Suku Arfak untuk mempercepat keluarnya nanah dari bisul yang sedang kita derita. Cara penggunaannya sederhana saja. Tutup daerah yang terserang bisul dengan daun Sesbou. Dalam beberapa hari saja, nanah akan keluar dan luka yang ditimbulkannya akan cepat mengering.
          Dengan adanya khasiat seperti ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk dapat dikembangkan dan diteliti secara detail kandungan senyawa kimiawi yang terdapat dalam tanaman Sebau ini. agar senyawa yang terdapat didalamnya dapat dijadikan Obat dan aman untuk dikonsumsi dari berbagai  usia sesuai takaran yang jelas.


Sumber Referensi: 
---http://charlesroring.wordpress.com/2010/09/28/tanaman-obat-untuk-cacingan-dan-bisul-dari-pegunungan-arfak-manokwari/




No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih