13 October 2011

Selain Buah Merah, Ni ada tanaman berkhasiat dari papua lagi....

Banyak rahasia yang Tuhan simpan di tong pu bumi Papua. Ni, barang yang biasa orang tua biasa pake sebelum masuk hutan telah dipublikasikan oleh orang lain. Baru kita kapan berperan penting tuk kita pu tanah..? hehehe.. terlalu banyak menghayal jadi langsung saja silahkan baca dibawah ini…=============================================
Suku asli Papua yang sering berburu atau masuk ke hutan biasanya menggunakan daun tertentu untuk menggosok bagian tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Cara ini dilakukan supaya saat mereka masuk akan terlindung dari berbagai serangan nyamuk. Daun-daun yang mereka gunakan ini berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). tanaman ini mempunyai tinggi antara 50 cm hingga 200 cm (rata-rata 75cm).zodia ini adalah tanaman berasal dari Papua.
Kenapa nyamuk takut pada zodia? Tanaman zodia termasuk famili Rutaceae. Ia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool 46 persen dan apinene 13,26 persen. Nah, linalool inilah yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Menurut Agus Kardinan (2004), daun zodia mampu menghalau nyamuk selama 6 jam, dengan daya halau (daya proteksi) sebesar lebih dari 70 persen. Selain efektif mengusir nyamuk, belakangan ini para ilmuwan menemukan khasiat lain dari zodia, misalnya penyembuh sakit kepala, disentri, dan pembunuh sel kanker. Bunganya pun dapat dijadikan obat gosok untuk mengobati masuk angin.
Zodia akan mengeluarkan aroma bila daun-daunnya terkena angin. caranya gampang, Letakkan tanaman di sekitar tempat angin masuk dalam ruangan, bisa juga di sudut ruangan tertentu, kemudian tiup dengan kipas angin. Aroma yang cukup wangi pun akan keluar. Namun demikian, kita tetap harus waspada. Seandainya tanaman zodia diletakkan di ruangan yang sempit dan sedikit sirkulasi udara, bisa-bisa orang yang ada di dalamnya pun pusing atau mabuk.
Pada umumnya, tanaman ini ditanam dalam pot, dan digunakan sebagai tanaman dalam ruangan (indoor plant). Namun, baik juga bisa langsung ditanam di halaman rumah. Bahkan, bisa memberikan kesejukan tersendiri. Tinggi tanaman ­ bila dibiarkan bebas di lapangan ­ bisa mencapai 200 cm. Daunnya cantik sekali, hijau agak kekuningan, pipih panjang tapi lentur, dan menyejukkan mata yang memandang.
Tanaman zodia juga cukup mudah diperbanyak, baik melalui stek ranting maupun bijinya. Ketika sudah berbunga dan berbiji, biji zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya. Hanya saja, fase pertumbuhan membutuhkan perhatian tersendiri. Bila langsung kena sinar matahari, bisa-bisa malah mati. Sebaliknya, bila kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sehat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.
=========Sungguh…!! Sangat sempurna karya-Mu Tuhan================

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih