13 October 2011

MindMap Good Solution for study...


teman-teman, boleh coba cara ini tuk ringkas mata kuliah 1 bab hanya dalam 1 lembar kertas saja. mantap. z su coba dan biasa pake cara ini. mantap, siapa tau bisa bantu teman-teman sekalian. Saya sendiri sudah cukup lama memakai mind map untuk membantu dalam meringkas suatu bab hanya dalam selembar kertas. Terkadang juga saya gunakan sebagai coretan sewaktu dosen menjelaskan di depan. Sering juga sayamenggunakan cara ini untuk menulis materi yang mau dipresentasikan. Sebaliknya juga, saya menulis materi yg dipresentasikan oleh orang lain. Hasil yang saya rasakan cukup bahkan lebih memuaskan dari sebelumnya.
Terus terang saya sangat terbantu dengan metode ini, karena dengan menggunakan metode ini saya bisa meringkas 1 bab hanya dalam satu lembar kertas. Saat menjelang ujian, tidak perlu membutuhkan energy yg begitu banyak sampai lembur tuk mempelajari tumpukan bahan ujian. banyangkan jika suatu saat kita dihadapkan dengan beberapa bab atau tumpukan materi yang harus diselesaikan dalam waktu beberapa hari. Tentu itu merupakan hal yang sulit untuk menghafal atau mengingat bahan yang telah dibaca dalam waktu yang singkat.Metode ini juga terbukti mempermudah ingatan di memori kita karena kita dapat menggunakan kedua bagian otak kita( kiri dan kanan). Jika teman-teman tertarik untuk mencobanya silahkan saja. Dibawah ini cara buat mind-mapnya.
Cara membuat mind map sangat gampang :
1. Mulai dengan topik utama – di tengah
2. tulis sub-topik penting
3. tambah dan hubungkan dengan sub-sub-topik
4. Ulangi langkah 2 dan 3 hingga ‘outline’ lengkap

Kalau tertarik, coba saja search di internet. Banyak penjelasan dan pengertian tentang mind map disana.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih