14 October 2011

kenapa menggunakan BIOETANOL dari Singkong.


Di Era modern ini, pemanasan global akibat efek rumah kaca ramai diperbincangkan disana-sini. ini menjadi suatu hal yang serius, sehingga pemerintah beralih untuk mencoba membuat suatu bahan bakar yang dapat menekan emisi gas yang terbentuk di udara. salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan BIOETANOL. Bioetanol merupakan salah satu energi alternatif yang sangat menjanjikan karena mudah di dapat dari tanaman dengan cara fermentasi yang bahan utamanya adalah ETANOL.
beberapa sifat (keunggulan ) sehingga digunakan sebagai bahan bakar alternatif, antara lain:
  1. merupakan cairan berwarna bening
  2. toksisitas rendah
  3. tidak menimbulkan emisi Carbon yang tinggi bila terbakar.
  4. bila dicampurkan dengan Bensin akan meningkatkan nilai oktan sehingga dapat terbakar secara sempurna dan dapat mengurangi emisi carbon seperti karbon monoksida.
Bioetanol bisa ditemukan di dalam tanaman singkong yang merupakan tanaman paling populer di dunia khususnya di negara tropis. di indonesia sendiri, tanaman singkong ini masih sangat banyak dan mempunyai potensi besar untuk digunakan sebagai energi alternatif. Singkong diolah menjadi bioetanol, pengganti premium. Menurut Dr Ir Tatang H Soerawidjaja, dari Tcknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB), singkong salah satu sumber pati. Pati senyawa karbohidrat kompleks. Sebelum difermentasi, pati diubah menjadi glukosa, karbohidrat yang lebih sederhana. Untuk mengurai pati, perlu bantuan cendawan Aspergillus sp. Cendawan itu menghasilkan enzim alfamilase dan gliikoamilase yang berperan mengurai pati menjadi glukosa alias gula sederhana. Setelah menjadi gula, bam difermentasi menjadi etanol.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih