02 March 2012

Review: TAHAPAN dan ANALISIS KIMIA KUALITATIF

Kimia analitik marupakan suatu Cabang ilmu kimia yang mempelajari proses analisis suatu bahan yaitu upaya pemisahan atau pemecahan materi menjadi bagian-bagiannya sehingga dapat ditentukan keadaan alamiah dari bahan tersebut. Dalam Kimia analitik ini tentu membutuhkan beberapa analisis yaitu analisisi kimia kualitatif, analisis kimia Kuantitatif, dan analisis Fundamental, dan analisis Karakter. Sebenarnya banyak analisis tetapi kali ini saya akan mencoba sedikit membahas tentang Analisis Kimia.  Dimana Analisis Kualitatif: Suatu analisis yang bertujuan untuk menentukan identitas spesi-spesi penyusun sampel (contoh, pengujian air seni atlit untuk mengetahui ada tidaknya obat penambah kekuatan (doping)).
Nah, intinya Analisis ini hanya bertujuan untuk menentukan ada atau tidaknya suatu specimen atau senyawa dalam suatu sampel tetapi tidak menentukan berapa konsentrasi dari specimen tersebut. Ada beberapa tahapan dalam analisis kulitatif ini:
1.    Mencari Sifat dari specimen yang diteliti. Biasanya dilakukan dengan menguji  sifat Fisika dan Sifat Kimia. Pengamatan sifat fisik meliputi Warna dan bau sedangkan Sifat kimia meliputi perubahan bahan specimen saat perlakuan dilakukan.
2.  Menarik kesimpulan sementara. Setelah mendapatkan sifatnya maka tentukan jenis spesimennya. Misalnya menentukan specimen itu mungkin air; bukan alcohol.
3.  Mencai informasi untuk  menentukan  kebenaran dari kesimpulan sementara. Misalnya mencari BJnya  1 g/ml dan titik didihnya 100 0c.
4.    Mencari Literatur. Tidak cukup hanya sekedar mencari informasi, kita perlu mencari literatur untuk lebih meyakinkan informasi yang kita dapat.
5.      Langkah terakhir yang dilakukan adalah menarik kesimpulan.

CATATAN: Pengujian sifa fisika dan kimia serta pengamatan kesimpulan itu biasa disebut dengan pemeriksaan pendahuluan. Sedangkan Pencarian informasi dan pencarian Literatur dan melakukan reaksi-reaksi hingga mendapat kesimpulan disebut sebagai Analisis sesungguhnya.

Dalam analisis kimia kulitatif ini perlu diketahui beberapa reaksi, antara lain:
1.     Reaksi spesifik: reaksi khas yang merupakan pereaksi spesifik untuk bahan tertentu.
2.   Reaksi sensitif: reaksi peka yang mampu menunjukkan bahan yang hanya sedikit sekali & stampak hasilnya dengan jelas
3.   Reaksi selektif: reaksi yang terjadi atas sekelompok bahan yang berbeda-beda. Dapat memisahkan golongan yang berbeda.
bY: kOTOpA bOBII

No comments:

Post a Comment