11 February 2009

Pemerintah Dogiyai Butuh 1.528 PNS

Pemerintah Kabupaten Dogiyai membutuhkan 1.528 orang pegawai negeri sipil (PNS) mulai dari staf yang paling bawah hingga pejabat tertinggi, termasuk di dalamnya tenaga guru dan petugas kesehatan. Dari jumlah tersebut, 528 orang diantaranya sudah berkarya di kabupaten tersebut sebelum dimekarkan dari Kabupaten Nabire.

Kebutuhan tenaga pegawai negeri tersebut, hanya sekitar 50 orang akan diisi dari pemerintah provinsi dan kabupaten lain di luar Nabire. Oleh sebab itu, pemerintah daerah Kabupaten Nabire diharapkan untuk mengisi kekosongan tersebut kurang lebih sekitar 950 orang pegawai negeri sipil.

Penjabat Bupati Dogiyai, Drs. Adauktus Takerubun kepada media ini di ruang kerjanya, Jumat (7/11) mengatakan, kebutuhan tenaga PNS bagi Dogiyai ini terungkap saat pertemuan rekonsiliasi data tentang kabupaten-kabupaten pemekaran di Provinsi Papua di Jayapura beberapa waktu lalu bersama dengan pemerintah provinsi. Dalam pertemuan tersebut dihadiri 6 kabupaten pemekaran yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2006 dan 8 kabupaten pada tahun 2007.



Dari jumlah kebutuhan tenaga pegawai negeri di Dogiyai, kata Takerubun, 528 orang merupakan aparat pemerintah yang selama ini menerima gaji di wilayah pemekaran Dogiyai. Oleh sebab itu, pemerintah Dogiyai masih membutuhkan tenaga PNS sebanyak 1.000 orang.

Ditambahkan, dari kekurangan tenaga PNS di Dogiyai, hanya 50 orang akan diisi dari provinsi dan kabupaten lain. sedangkan sisanya akan dibantu oleh pemerintahan induk yakni Kabupaten Nabire.
Ketika ditanya apakah akan meminta penambahan kekurangan tenaga PNS di daerah ini ke pemerintah provinsi, Takerubun mengatakan tidak perlu didroping dari provinsi. Sebab, sudah cukup banyak tenaga juga di kabupaten induk yakni Kabupaten Nabire.

Penyerahan Personil

Ketika ditanya soal penyerahan dari kabupaten induk khususnya menyangkut personil, Caretaker Dogiyai ini mengatakan, seharusnya dilaksanakan setelah 3 tahun. Namun karena kebutuhannya mendesak sehingga pelantikan pejabat eselon II dan III akan dilaksanakan pada pertengahan pekan ini. Agar pemerintahan Dogiyai secara efektif bisa dilaksanakan mulai Januari mendatang.

"Secara efektif, pejabat yang akan dilantik sudah melaksanakan tugas mulai awal Januari 2009 mendatang," tegasnya.

Menyangkut pengangkatan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan pemerintah Kabupaten Dogiyai tidak perlu diintervensi oleh luar khususnya masyarakat. Sebab, pejabat yang menduduki eselon merupakan karier PNS bukan wilayah politik sehingga masyarakat tidak perlu ikut campur tangan. "Ada yang SMS kepada saya untuk mengusulkan seseorang supaya dipromosikan pada jabatan tertentu," ungkap Takerubun.

Karena, kata Takerubun, penempatan jabatan harus kita sesuaikan dengan latar belakang pendidikan atau kemampuan dari yang bersangkutan. Apalagi jabatan yang menyangkut bidang-bidang teknis harus mereka yang berlatar belakang pendidikan sesuai bidang tugasnya. (ans/ego)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih