06 March 2013

ANAK KECIL LAHIR CACAT AKIBAT PEMBUANGAN LIMBAH YANG TRA BENAR

Di kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit pandangan menurut ilmu yang pernah saya dapatkan selama ini. hal ini bukan karena saya tidak meyakini hal-hal mistis yang terjadi di daerah sana, terutama di Timika-Papua. pada tahun 2012 yang lalu, ada beredar video bayi yang lahir tanpa tengkorak kepala yang lengkap (bolong tengah). waktu itu, video tersebut saya lihat secara tidak sengaja saat teman (pacar) saya menyimpannya di dalam laptop. 
saya sangat terkejut melihat video tersebut. tidak hanya itu, saya juga sangat ketakutan pada waktu itu. melihat badan si bayi yang baru lahir itu sudah berotot, terus nada suaranya sekilas terdengar seperti suara orang tua.
raut wajahnya pun terlihat keriput seperti orang tua. matanya membengkak keluar seperti orang yang sedang sakit mata. Sungguh, saya tidak percaya menonton video tersebut. berkali-kali saya tanya sama pemilik laptop tadi  'video ini benar atau hanya editan saja ni'. dengan nada kesal ia pun menjawab "ini kisah nyata, bukan mimpi.. menurut info yang beredar di masyarakat, peristiwa langkah ini terjadi karena orang tuanya salah jalan (melakukan hal yang tidak biasa) sehingga mereka mendapatkan karmanya", ujarnya.
sejenak saya berfikir, membayangkan peristiwa yang langkah  ini, tiba-tiba saya teringat kalau di tempat tersebut terdapat perusahan tambang Emas terbesar di indonesia bahkan dunia. sebut saja PT. FREEPORT, kata itulah yang terbentang di dalam ingatanku saat itu karena beberapa tahun sebelumnya saya pernah membaca beberapa informasi dari media-media lokal yang memberikan informasi tentang pembuangan sisa penggunaan dari Perusahaan tersebut tidak safety sehingga sangat berbahaya untuk masyarakat sekitar perusahaan tersebut. terutama pembuangan limbah cair yang dibuang begitu saja, sedangkan masyarakat di sekitar selalu berhubungan dengan pembuangan tersebut. 
media digital lain juga pernah memuat tentang pembuangan limbah yang kadar logam beratnya melewati kadar ambang batas konsumsi manusia. sehingga makanan hasil pertanian, hewan, tumbuh-tumbuhan sangat berpotensi untuk terkontaminasi. bila kontaminasi ini terjadi dalam waktu yang lama maka dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan meninggal akibat mengkonsumsi logam berat yang terkandung di dalam hewan, tumbuhan, air, udara, kulit, dsb.
Perusahan ini, secara jelas merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dimana di memproduksi tambang emas terbesar. dalam pengolahan tambang ini, pasti menggunakan senyawa kimia yang bernama Mercury untuk mengendapkan emas yang tercampur dalam bebatuan hasil tambang. sehingga bisa mendapatkan emas mentah yang terpisah dari bebatuan yang lain. ini merupakan hal yang sangat umum terjadi di tambang emas dimana saja. hanya saja, yang jadi masalah disini adalah pembuangan mercury tersebut tidak safety sehingga dapat mencemari lingkungan sekitar. terutama masyarakat yang ada di sekitar yang selalu mengonsumsi dan melakukan aktifitas sehari-hari tanpa mereka ketahui. 
salah satu video yang saya jelaskan diatas juga merupakan akibat dari pembuangan limbah yang tidak benar. padahal, mercury ini sangat berbahaya bagi tubuh, bahkan dapat mengakibatkan mutasi-mutasi pada tingkatan tertentu. salah satu yang sangat rentan adalah pada ibu hamil. apabila ibu tersebut mengonsumsi makanan, minuman, dan lain sebagainya dari hasil pertanian disekitar maka dapat menyebabkan kecacatan terutama pada bagian tengkorak janin, sehingga pada saat lahir, tengkorak anak tersebut juga tidak sempurna. merkuri ini juga, sangat berbahaya karena dapat menghambat berbagai sintesis yang terjadi di dalam tubuh manusia sehingga dapat menyebabkan kematian.

.............SEKIAN DAN TERIMAKASIH...............

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih