29 February 2012

LIBURAN DI RANTAUAN

gedung kuliah  Institut Pertanian Bogor (IPB)
Setelah selesai menyelesaikan Ujian Akhir semester, akhirnya liburpun tiba. semua beban (SKS) yang dilakukan selama ujian sudah berakhir. libur seperti ini cocok disebut dengan waktu untuk “balas dendam”. Ya, mungkin itulah kata yang tepat untuk memberikan nama lain dari libur. Tentu, hati ini terasa gembira menerima kabar dari kampus kalau liburnya hamper satu bulan. Waktunya memang terasa lama bagi mahasiswa/i yang biasanya libur sehari(malming) ehehe..
Aktivitas di kampus pun mulai terasa sepi. Kompleks bara yang selalu dikerumuni oleh para pelajar saat waktu makan pun terasa sepi seakan hanya bangunan yang berdiri bagaikan pohon rindang yang menyeramkan disaat malam tiba. Ya, kira-kira seperti itulah keadaan yang bisa saya gambarkan. bagi mahasiswa baru yang  datang merantau ke tempat ini tentu merasakan suasana yang sangat berbeda dengan suasana sebelumnya dikampung halamannya.
Perlahan-lahan para pengusaha yang menjual berbagai jenis makan itu pun mulai menutup sementara usahanya akibat sepinya para konsumen langganannya. Nah, saat-saat seperti beginilah kami mahasiswa/i perantau  terkadang sulit untuk mencari rumah makan yang sesuai dengan selera kami. Hmhmhm… sebenarnya tidak semua warung ditutup, tapi warung itu menyajikan makanan pada umumnya tidak berkuah yang tentunya tidak menggoda selera kami. Ya, Mungkin itulah resiko yang harus ditanggung jika menjadi mahasiswa rantau. Walaupun mahasiswa asal jawa dan sekitarnya pulang, akan tetapi selalu tempat tinggal yang sama seperti dahulu yaitu kosan (hehehe…..) itulah istana kami selama menuntut ilmu.
Jika dipikir-pikir, Beryukur sekali saya menjadi mahasiswa rantau, bisa merasakan berbagai macam pengalaman yang tidak semua orang mengalaminya semasa perkuliahaan mereka. Pengalaman pertama yang saya rasakan adalah bisa menahan rasa rindu kepada sanak saudara yang jauh, artinya kita sekalian belajar untuk mandiri tanpa orang tua. Pengalaman kedua yang saya dapatkan adalah secara tidak langsung bisa mempelajari perilaku dan kebiasaan orang di pulau jawa dan masih banyak lagi yang bisa saya pelajari ditempat ini.
Terimakasih Tuhan, untuk kesempatan ini

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih