13 June 2013

Sari Buah Merah Sebagai Anti Kanker Rahim dan Payudara

Pandanus conoideus Lam (buah merah) termasuk tanaman endemik yang hanya tumbuh di suatu daerah tertentu, banyak mengandung  senyawa antioksidan, antara lain betakaroten, tokoferol, virblastin, asam oleat, asam linoleat dan asam lemak tak jenuh.  Buah dari tumbuhan endemik di Papua ini telah digunakan untuk makanan, pewarna alami, kerajinan, kelengkapan upacara adat,  pengawet daging dan  sagu, serta obat oleh penduduk di wilayah Papua. Salah satu peneliti dan pengusaha buah merah, Drs. I Made Budi, M.Si., mengatakan buah merah hidup di paparan sahul di daerah Maluku Utara, Papua, Papua Nugini, dan Kepulauan Pasifik. Buah merah dengan kualitas terbaik terdapat di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 2500 meter di atas permukaan laut. “Buah ini bisa tumbuh mengalami anomali saat ditanam di tempat lain,” kata Ketua Jurusan Biologi Universitas Cenderawasih, Papua, ini.
 
dua jenis Buah Merah; gambar A, B, E  buah merah warna kuning dan  gambar D, C  buah merah warna merah.
sumber foto: LIPI
 Penelitian Prof. Sukarti Moeljopawiro, Ph.D., dosen Fakultas Biologi UGM mengungkapkan bahwa struktur kimia senyawa bioaktif dalam fraksi buah merah potensial terhadap sel kanker payudara dan rahim. “Sari buah merah dapat membunuh 50 persen sel kanker payudara, sel kanker leher rahim, sel kanker usus besar,” ujar sukarti.

Menurut Ibu sukarti, setipa buah merah memiliki aktivitas toksik yang berbeda karena setiap varietas memiliki aktivitas  menghambat kanker payudara dan rahim yang berbeda juga. Hasil penelitian dosen Biologi ini menunjukkan bahwa buah merah yang berwarna kuning tidak memiliki aktivitas toksisitas. Aktivitas toksisitas hanya terdapat pada buah merah yang berwarna merah. kemampuan buah merah menghambat pertumbuhan sel kanker payudara disebabkan sari buah ini tidak memiliki efek terhadap siklus sel dan menginduksi apoptosis dengan jalan mengaktifkan enzim caspase-3

Penelitian pak Maksum Radji,dkk yang dimuat dalam majalah kefarmasian UNIVERSITAS INDONESIA juga  mengatakan bahwa Sari buah merah memiliki efek sitotoksisitas yang paling tinggi dibandingkan dengan ekstrak etanol akar tanaman akar kucing dan daging buah mahkota dewa. hasil ini dipublikasikan  setelah menguji aktivitas toksisitas terhadap larva udang dengan metode  Brine Shrimp Lethality Test (BSLT).

Jadi,  penelitian diatas menjelaskan bahwa sari buah merah mengandung senyawa kimia (terpenoid) yang dapat dapat meningkatkan produksi enzim caspase-3 sehingga proses apoptosis kembali berjalan sehingga dapat mengurangi 50 persen sel kanker payudara, sel kanker leher rahim, sel kanker usus besar.


CATATAN (TULISAN BOLD):
  1. APOPTOSIS merupakan kematian sel secara terprogram dan menguntungkan tubuh. Namun pada kasus kanker, apoptosis tertekan sehingga proses matinya sel secara terprogram menurun sehingga menyebabkan meningkatnya sel tidak dibutuhkan dalam tubuh dan menjadi berbahaya (toksik)
  2. Salah satu enzim yang berperan dalam apoptosis adalah caspase-3Caspase-3 merupakan kelompok enzim eksekutor dari caspase yang langsung berperan sebagai eksekutor apoptosis (death cascade).

Referensi:
  • Indrastuti Normahayu dkk.EFEK RADIASI SINAR GAMMA TERHADAP APOPTOSIS SEL KELENJAR SALIVA Rattus norvegicus VARIAN WISTAR DENGAN PARAMETER EKSPRESI CASPASE-3.Lab Patologi Anatomi RSSA/ FKUB.
  • [anonim]. 2010. http://www.ugm.ac.id/new/?q=id/news/sari-buah-merah-potensial-hambat-pertumbuhan-sel-kanker-payudara-dan-rahim.
  • Maksum rajdi, dkk. 2008.UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA DAN UJI SITOTOKSIK EKSTRAK ETANOL AKAR TANAMAN AKAR KUCING (ACALYPHA INDICA LINN), DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA (SHEFF) BOERL) DAN SARI BUAH MERAH (PANDANUS CONOIDEUS LAM). Majalah farmasi UI.(1) 40-46;






1 comment:

  1. buah merah mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaaat untuk mengobati dan mencegah kanker, menambah imunitas tubuh dan sangat berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, banyak manfaatnya buah merah nih, maksih

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih