11 June 2009

PENYEBAB KEGEMUKAN

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi yang sangat penting bagi tubuh. Namun, kebanyakan karbohidrat yang dikonsumsi masyarakat sekarang adalah karbohidrat olahan yang umumnya dominan gula dan tepung, tetapi miskin zat-zat lainnya terutama vitamin, mineral, enzim, dan serat. Karbohidrat olahan dapat menyebabkan kegemukan karena sebagian besar tidak bisa diserap, sehingga menumpuk di dalam tubuh serta disimpan sebagai glikogen dan lemak tubuh.
Sebaliknya, karbohidrat alami atau yang tidak terlalu banyak diproses seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian alami ( wholegrains) tidak menyebabkan kegemukan karena kaya akan serat, vitamin, mineral, dan enzim. Serat menyebabkan perut cepat kenyang meskipun hanya dimakan sedikit. Seratpun mengikat dan sekaligus membuang lemak dan kolesterol jahat dalam saluran usus. Sebaliknya, enzim, vitamin, dan mineral sangat penting dalam proses metabolisme karbohidrat.

Karena sebagian karbohidrat akan diubah oleh tubuh menjadi lemak, makanan karbohidrat yang mengandung ekstra minyak atau lemak; misalnya nasi goring dan kolak pisang; atau makanan kecil sepert dodol, permen, cake, dan es krim sebaiknya dihindari atau dibatasi.

Sumber: Gizi dan Kesehatan 2005

3 comments:

  1. hmhmhh....
    iyoeee.....
    ternyata makan makanan ringan juga bisa bikin gemuk ee....?

    ReplyDelete
  2. aku juga pernah membaca artikel rumah sakit atau dokter di amerika emang karbohidrat yang banyak buat tubuh juga bisa bikin kanker

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan berikan tanggapan/saran/sanggahan/motivasi atau apapun yang berkaitan dengan postingan diatas. Mohon maaf, Apabila mengandung Komentar yang bersifat:
1. Pornografi.
2. Rasisme.
3. SPAM.
4. atau Apapun yang menyinggung orang/pihak lain maka komentarnya akan dihapus. Terimakasih